Webinar
Parenting dan Perlindungan Anak di Era
Digital di tengah Pandemi Covid-19

Parenting

Pengguna internet/media digital  di Indonesia menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang dilakukan tanggal 2-15 Juni 2020 adalah sebesar 196,7 juta jiwa hingga kuartal  ke 2 tahun 2020 (Kompas tanggal 9 Nopember 2020). Studi yang dilakukan KOMINFO dan UNICEF tentang Keamanan Penggunaan Media Digital pada Anak dan Remaja di Indonesia tahun 2014, menunjukkan sebanyak 30 juta pengguna gadget adalah anak-anak  dan remaja. 

Tiga motivasi utama mereka mengakses internet adalah mencari informasi yang umumnya untuk tugas-tugas sekolah, sedangkan motivasi untuk terhubung dengan teman (lama atau baru) dan untuk hiburan umumnya didorong untuk kebutuhan pribadi. Penggunaan media digital ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat tetapi juga bisa membawa dampak negatif bagi penggunanya.

Penggunaan digital dimasa pandemi ini sangat meningkat dengan masih diberlakukannya kegiatan belajar melalui sistim daring. Oleh karena itu, pola pengasuhan dan peran orang tua/pengasuh dan guru sangatlah penting dimasa pandemi Covid 19 ini. Komunikasi yang terbuka serta partisipatif dalam menghadapi masalah-masalah yang ditimbulkan dari pandemi ini akan membuat keluarga dan anak menjadi tangguh menghadapi kesulitan-kesulitan hidup ini dan dijauhkan dari kekerasan, eksploitasi dan pelecehan. Dukungan kesehatan mental dan psikososial bagi anak-anak, remaja dan keluarga akan menjadikan keluarga semakin erat, utuh dan resilien menghadapai dampak-dampak pandemi Covid19 yang berkepanjangan ini.

Yayasan JaRI juga telah menyelenggarakan “Seminar Parenting Jaman Now” pada tanggal 15 Nop 2020 dimana seluruh peserta (200 orang) sangat antusias dan mengusulkan agar topik Parenting ini diperdalam lagi. Sebagai tindak lanjut usulan tersebut maka untuk mempersiapkan orang tua menghadapi tantangan parenting di era digital di masa pandemi Covid19, Jaringan Relawan Independen (JaRI) akan menyelenggarakan webinar agar orang tua mengetahui pentingnya peran orang tua dan guru dalam parenting dan perlindungan anak di era digital dimasa Pandemi Covid19

NARASUMBER:
Dr. Fitri Ariyanti Abidin M.Psi (Psikolog Klinis Anak dan pakar parenting)
yang akan menyampaikan: “Kiat Parenting diera Digital menghadapi pandemi Covid-19”

PENANGGAP:
• Orang Tua Siswa: Ms. Anu Radha Berbagi pengalaman dalam pengasuhan dan perlindungan anak diera digital
• Guru sekolah SLTP – SLTA: Dra Novy Marwaty Takarina Berbagi pengalaman mengajar dan memastikan kesejahteraan murid dalam menjalankan ”school from home” melalui daring

MODERATOR:
Erwin Fazrin M. Psi, Psikolog

Catat tanggalnya:
Webinar Parenting dan Perlindungan Anak di Era Digital di tengah Pandemi Covid-19
🗓Sabtu, 12 Desember 2020
⏰Pukul 14.00 – 16.00 WIB
📍Media Zoom Webinar & Live YouTube

Links Live Streaming YouTube Klik disini: https://LiveYouTube.YayasanJaRI.org
Daftar sekarang ! di link registrasi Klik disini: https://bit.ly/3IpJaRI
• Pendaftaran Free, tersedia e-sertifikat
Materi ini dapat diunduh disini: https://bit.ly/343NnMg

[slideshare id=240009235&doc=webinarjari-201211150823]